Kamis, 27 Desember 2007

Brownies Kukus berhias

Akhirnya kesampaian jg ngasih mertua cake buat b'daynya :) aku dpt resep Brownies Kukus ini dari makwo (tanteku). kebetulan lebaran haji kemaren aku ke rumahnya & beliau menyajikan kue ini. dan kebetulan lagi aku jg nyari cake yg pas untuk b'day mertua. soalnya aku pernah buat pake sponge cake 2x ternyata keduanya gagal he..he...

Kalo menurut resep aslinya, setelah adonan pertama dikukus, angkat, taburkan mesis lalu tuang lagi sisa adonan & dikukus lagi. tp aku buat 2x kukus. jd adonan aku bagi 2 & di kukus terpisah.


Untuk filling yg pertama aku pake cream chese. untuk filling kedua aku pake buttercream & keju parut. tadinya sich atasnya pengen dikasih ganache. udah diolesin ke kue, tp gagal jg hiks. kecairan kayaknya. jdnya di cake nya gak kering2 pdhal udah keluar masuk kulkas. akhirnya aku siram aja pake DCC yg sudah dicairkan. sisa DCC nya aku oleskan di sisa kertas roti yg udah kusut krn tdnya dipikir dah gak mau dipake. nyari mika jg gak ada, akhirnya kertas rotinya diambil lagi he..he.. tdnya mau dibuat kyk pagar gitu. apa daya coklatnya pecah. yach udah akhirnya ditempel2 aja. trus diiket ama pita merah. atasnya aku hias pake butter cream yg aku kasih pasta mocca jd warna coklat muda gitu :) trus aku kasih springkle warna-warni. mayan jg deh buat pemula sepertiku. dan semua memuji. ktnya enak lho.. seneeeeeeeeeeng deh... ini resep asli yg dikasih tanteku yach..

BROWNIES KUKUS ALA MAKWO

A. 10 butir putih telor
15 butir kuning telor
20 gr tepung maizena
240 gr terigu
20 gr TBM
500 gr gula pasir
1 sdm rum
1 sdt garam

B. 100 gr coklat bubuk

C. 50 gr margarine
30 gr roombutter (optional. aku kemaren sich pake margarine semua)
200 gr DCC

Untuk Filling:
20 gr mesis

Untuk Topping:
Almond Slice

Cara membuat:
- Kocok bahan A sampai putih & mengembang
- Cairkan bahan C hingga cair (tetapi tidak mendidih) lalu tuangkan ke bahan A beserta bahan B. Aduk rata
- Bagi adonan masing2 600gr
- Taruh 1/2 bagian adonan ke loyang, kukus selama 20 menit. Taburkan mesis. Tuang lagi adonan berikutnya lalu taruh almond slice diatasnya..


Duh.. si adek sampai terkagum gitu ngeliat hasil karya mamanya :)

Tidak ada komentar: