Minggu, 02 Maret 2008

Pizza

Iseng-iseng hari minggu kemaren nyoba buat Pizza sendiri. walaupun gak punya keju mozerella, tetap aja pede nyoba buat, ngeliat dr blog yg ikutan KBB. Kata papanya anak2 rasanya udah pas, cuma mungkin bentuknya mesti di per-indah lagi :D




1 sachet (@ 7g = 1/4 oz = 2 sdt) ragi (Misalnya: Fermipan atau merek lainnya)
1 sdt gula pasir
2 ½ cups tepung protein tinggi (tepung cakra kembar) (kurang lebih 350 gr)
garam (pakai sejumput kecil)
2 sdm minyak zaitun (aku pakai minyak goreng)

Cara mengolahnya:
-Larutkan ragi dan gula di mangkuk kecil dengan 200ml air hangat. Aduk rata dan sisihkan selama 10 menit, atau hingga campuran raginya berbuih.
-Campur tepung dan sejumput garam di mangkuk besar. Buatlah lubang di tengah2 campuran tepung dan masukkan ragi dan olive oil. Campur hingga menjadi adonan. Tempatkan adonan di dalam mangkuk yang sudah diolesi dengan minyak, tutup dengan serbet lembab atauplastik dan biarkan di tempat yang hangat selama 1 - 1 ½ jam, atau hingga adonannya membengkak berlipat ganda.
-Panaskan oven.Tinju adonan untuk mengeluarkan gelembung udara. Bagi adonan menjadi 2-3 bagian yang sama dan gilas atau tekan-tekan seukuran 4-5mm (¼ inci). Pindahkan ke loyang kue, bentuk sesuai selera, tutup dengan pilihan topping kesukaan masing-masing dan panggang selama 15 menit.

Untuk toppingnya:
- parutan keju cheddar
- sosis
- oregano
- saos tomat




Tidak ada komentar: