Selasa, 01 Januari 2008

Cup Cake Tape

Ini buatnya tgl 30 des yg lalu. gara-gara ke pasar liat ibu2 jual tape, jd pengen buat cake tape deh.. trus browsing ke blognya mb Dewi Anwar (aku niru resepmu yach mb). di baca-baca, kok gak pake mentega yach? takut nanti gagal, aku browsing dulu ke blognya alm. mb inong. akhirnya aku tambahin aja mentega. jadinya enak sich tp kemanisan :) next time gulanya aku kurangin ah..


Cake Tape
Source : Dewi Anwar + Bunda Inong

Bahan :
- 8 butir telur (aku pake 4butir telur)
- 225 gr gula pasir kastor (aku pake 110gr gula pasir, eh jdnya kemanisan)
- 200 gr tepung kunci biru (aku pake 100gr)
- 200 ml santan siap pakai (aku pake 100ml santan )
- 400 gr tape singkong yg matang/lunak, buang serat ditengahnya
- 1/4 sdt garam, masukan dalam tape
- 1 sdt vanila, campur kedalam santan
- 1 sdm emulsifier (aku pake TBM)
- 1 sdt baking powder, campur kedalam tepung terigu
- 100gr keju cheedar parut utk taburan (aku gak pake krn gak ada)
- 125 gr mentega lelehkan --- INI TAMBAHAN DR CAKE TAPENYA MB. INONG. (aku cuma pake 60gr mentega yg dilelehkan)

Cara Membuat :
1. Haluskan tape singkong+ garam dengan sebagian santan (+ 75ml), pake blender. sisihkan.
2. Kocok telur dan gula sampai gula larut, masukan emulsifier, ngocok sampe mengembang dan kental (berjejak)
3. Masukkan terigu & baking powder dengan cara diayak diatas adonan, aduk rata
4. Masukkan tape secara bertahap, bergantian dengan santan, aduk hingga rata.
5. Masukkan mentega, aduk hingga rata.
6. Tuang adonan ke dalam cup paper, taburi keju parut
7. Oven sampai matang. siap untuk dihidangkan :)

Tidak ada komentar: